Sekapur sirih itu maksudnya pembukaan.

Jadi ceritanya saya perlu menuliskan apa isi kepala saya terkait dengan teknologi IT yang saya tekuni saat ini. Saya mendapatkan banyak informasi dari berbagai situs di Internet, terutama dari account Twitter yang saya follow.

Saya merasa link-link yang saya dapatkan itu perlu saya kumpulkan, saya rangkum, jika ada waktu saya ulas sedikit agar di kemudian hari dapat saya manfaatkan apabila ada yang memerlukan.

Saya mencari platform yang mudah dipakai menulis. Sebelumnya saya pakai Wordpress, baik versi Wordpress.com atau Wordpress self-hosted. Tapi untuk sekedar menulis tulisan, saat ini Wordpress terlalu berat, terlalu banyak tetek bengek yang perlu saya setup, dan jangan lupakan cukup sering muncul orang-orang iseng yang suka menghack website Wordpress karena kepopulerannya. Keperluan backup data dan setting database membuat saya musti cari platform yang lain.

Kalau di kalangan developer atau hacker, mereka menyukai platform yang ringan untuk membuat static web pages, terutama dengan populernya Markdown sebagai alat untuk membuat tulisan teks menjadi terformat dengan cukup baik. Akhirnya saya cari tools apa yang dapat dipakai untuk menulis dalam Markdown.

Saya coba lihat platform seperti Jekyll atau Octopress, tapi kelihatan ribet dengan toolchain berbasis Git yang agak ribet. Saya ini cuma mau nulis, bukan mau belajar Git. Begitu juga dengan menulis di GitHub Pages. Keren sih tapi ya gitu deh. Kalau yang formattingnya bagus itu Medium.com, tapi istilahnya kita serah tulisan ke dia utk kepopuleran dia. Akhirnya ketemu juga platform yang mirip seperti Medium tapi bisa kita pasang sendiri, namanya Ghost. Blog ini akhirnya menggunakan Ghost di dalam instance cloud yang saya install sendiri, kebetulan installnya nggak terlalu ribet di Linux.

Tulisan yang saya tulis di sini merupakan apa yang berkelebat di kepala saya, yang harus segera di-dump ke media di luar kepala saya. Mohon maaf kalau sebagiannya tidak lengkap, terputus, dan tidak layak dikutip sebagai referensi. Mudah-mudahan kalau ada waktu, tulisan yang terputus bisa disambung kembali dengan bahasa yang mudah-mudahan lebih mudah dipahami.

Seringkali topik yang saya tulis bukan merupakan topik how-to, namun merupakan topik rangkuman pengetahuan tentang sebuah teknologi. Dari beberapa kali iterasi di kepala saya, akhirnya harus ditulis juga walaupun tidak lengkap.

Terkadang juga tulisan ini tidak diedit dengan lengkap, jadi saya mohon maaf kalau ada salah kata yang kurang tepat, dan anda dapat menghubungi saya untuk diperbaiki.

Saya juga temukan tulisan yang jenisnya seperti ini juga rentan untuk dipotongtempel (cut-and-paste) ke tempat lain. Selama tulisannya mencantumkan sumbernya, dan bukan untuk keperluan komersial (it means that you made money from my writing while I don't), saya sih nggak ada masalah.