Seorang kawan saya berbaik hati meminjamkan saya Apple Watch yang tidak ia pakai beberapa waktu. Setelah berterima kasih kepada kawan saya tersebut, maka beberapa waktu ini saya menggunakannya.

Apple Watch ini terkoneksi dengan iPhone, jadi kalau anda tidak/belum memakai iPhone, maka anda tidak akan bisa memakainya. Setelah mem-pair Apple Watch ini dengan iPhone, maka inilah reviewnya:

  • Apple Watch (AW) ini merupakan ekstensi atau perpanjangan tangan dari iPhone berkedok sebuah arloji/jam tangan. Jika Apple Watch ini tidak dibawa bersama dengan iPhone, maka ia hanyalah sebuah jam tangan yang harganya cukup mahal dibandingkan dengan jam tangan biasa.
  • AW ini terhubung dengan iPhone menggunakan Bluetooth untuk melakukan sinkronisasi data. Jika iPhone tersambung dgn WiFi, maka sebenarnya AW juga bisa terhubung dengan WiFi apabila iPhone terletak jauh dari AW. Misalnya anda letakkan iPhone tercharge di ruangan kantor, sementara anda memakai AW berpindah ruangan yang masih tersambung WiFi yang sama dgn iPhone, maka AW sebenarnya masih terhubung dgn iPhone.
  • Band/tali jam AW ini bisa diganti-ganti. Kalau cari di Toped/BL banyak yang jual band AW dgn harga mulai dari 70rb sd 200rb atau bahkan 300-500rb tergantung model dan bahan.
  • AW ini aktif jika ia ditempelkan di tangan. Saya curiga ada sensor di bawah jam ini yang mendeteksi apabila ia ditempelkan kepada penggunanya atau tidak.
  • AW yg saya pakai ini adalah AW Series 0, yang prosesornya agak lambat kalau booting dan loading aplikasi. Tapi sebenarnya sih masih worth it, apalagi saya dipinjami bukannya AW berbahan aluminium, namun AW berbahan stainless steel yang lebih bergaya
  • AW memiliki berbagai wajah jam/Watch Face yang bisa diganti-ganti sesuai keperluan. Ada Watch Face Mickey/Minnie Mouse, ada Toy Story, tampilan jam chronograph, foto-foto pribadi dari iPhone, atau wajah jam sederhana.
  • Jika ada aplikasi di iPhone anda yang mendukung aplikasi Apple Watch, anda hanya tinggal menginstallnya saja. Beberapa aplikasi iPhone yang sangat berguna di Apple Watch adalah: 1) Muslim Pro untuk melihat waktu sholat 2) Authy untuk melihat kode bagi aplikasi yg sudah mengaktifkan 2FA (Two-factor authentication), 3) Todoist, salah satu aplikasi Todo list.
  • AW bisa dipakai untuk membuka laptop/desktop Mac anda, misalnya dengan MacBook Pro anda bisa membuka laptop anda dan login langsung terbuka ke sistem tanpa anda perlu memasukkan password. Ini bisa dilakukan selama anda mengkonfigurasi Mac anda untuk login dengan AW, dan AW berada bukan dalam keadaan terkunci/locked. Saya juga temukan bahwa untuk membuat login ini berhasil maka tangan anda harus berada cukup dekat dengan sistem Mac ini. Yang jelas jaraknya tidak sejauh jarak antara earphone Bluetooth anda dengan iPhone.
  • AW bisa dipakai untuk menerima telepon jika AW ini tersambung dengan iPhone, tapi ngapain? Awkward banget menerima telepon dgn menggantungkan tangan kiri di depan mulut kita. Lain sih kalau pakai wireless bluetooth earphone seperti AirPods.
  • Hal lain yang membuat AW dipakai orang adalah aplikasi Activity yang menganjurkan kita untuk aktif bergerak, bukan cuma duduk dan tidur saja. Anda diajak untuk bergerak, berdiri, berjalan, bahkan beraktivitas melakukan kegiatan olahraga. Sebagai reward nya, anda mendapatkan berbagai Award berupa item berwarna imut dan lucu yang bisa dilihat di app Activity di iPhone setelah anda melakukan aktivitas tertentu.
  • Ada tiga aktivitas utama yang ditrack, yaitu: Move, Exercise, dan Stand. Bergerak, beraktivitas, dan Berdiri.
  • Sebagai contoh, tiap bulan diadakan Monthly Challenge berupa sejumlah aktivitas yang harus anda lakukan dalam satu bulan, misalnya dalam 1 bulan anda harus memenuhi target Exercise sebanyak 10 kali. Jika anda berhasil, maka anda akan mendapatkan reward berupa item yang akan muncul dan tertera di app Activity.
  • Untuk mengelola metrik Move dan Stand, itu cukup mudah. Jika anda bergerak dan berdiri, maka anda akan ditrack bahwa anda telah bergerak menghabiskan sekian kalori, dan anda telah berdiri selama 1-2 menit dalam waktu 1 jam. Untuk mengelola metrik Exercise, disediakan app di AW bernama Exercise.
  • Exercise dapat mentrack aktivitas anda secara aktif dengan memilih jenis kegiatan olahraga apa yang akan anda lakukan. Update software dari AW terbaru bahkan dapat mentrack exercise apa yang anda lakukan tanpa anda harus menjalankan app Exercise di AW.
  • Sebenarnya tanpa berkegiatan sekalipun, hanya dengan menjalankan app Exercise di AW dan memilih exercise High Intensity Training, sambil anda beraktivitas biasa maka anda akan tercatat sudah melakukan sekian exercise dan sekian move activity. Ini berguna jika anda malas bergerak namun ingin menyelesaikan monthly challenge. Itu termasuk saya juga, hehehe.
  • Hal terakhir yg sering saya lakukan dgn AW adalah menyetel aplikasi musik (mis. Apple Music, VOX, VLC, Skype) dari iPhone menggunakan headphone sambil mengendarai motor, dan anda dapat mengontrol Play/Pause serta Prev/Next dari aplikasi musik ini. Jadi anda tidak perlu membuka iPhone untuk sekedar Play/Pause dan Prev/Next dari musik yang sedang anda mainkan.

Demikianlah secara ringkas namun kurang komprehensif dari apa yang saya alami dan rasakan selama menggunakan AW selama 8-9 bulan ini.

Wassalam